WAGEAN #01 KOMUNITAS KOMA DI TAMBAKBERAS






Wagean #01 Komunitas KOMA di Tambakberas
Reportase, oleh: Muhammad Fahmi *)

Sabtu, 28 Januari 2017—Komunitas KOMA mengadakan acara Wagean KOMA #01 di Tambakberas Jombang. Acara ini merupakan acara perdana yang diselenggarakan oleh KOMA Nusantara. Gagasan awal yang melatarbelakangi adanya acara ini adalah mengingat dengan berkembangnya Komunitas KOMA yang sudah muncul di masing-masing daerah di nusantara dengan 9 koordinator regional, yaitu Jombang, Sumatera, Malang, Yogyakarta, Mojokerto, Surabaya, Kalimantan, Kupang, dan Papua, maka diputuskan untuk diadakan tatap muka atau temu kangen berupa pertemuan dan kumpulan anggota Koma se-nusantara setiap 35 hari sekali, yaitu pada hari Ahad Wage atau pada malam Ahad Wage yang digilir di setiap titik di seluruh Nusantara. Sementara teknis acara sesuai kreativitas tuan rumah; dapat berupa bedah karya, presentasi perkembangan KOMA, baca puisi, rapat-rapat, rencana-rencana ke depan, dan lain sebagainya. Setiap acara "Wagean KOMA" didokumentasikan dalam bentuk video dan tulisan (Newsletter Koma Nusantara), agar seluruh anggota KOMA se-Nusantara dapat mengikuti perkembangan KOMA ketika tidak hadir dalam acara.
Acara "Wagean KOMA" ini dilaunching untuk yang pertama kalinya pada malam Ahad Wage, tanggal 28 Januari 2017 di Tambakberas Jombang. Acara Wagean #01 di Tambakberas Jombang ini berlangsung dengan meriah. Acara perdana ini dihadiri oleh perwakilan anggota KOMA se-nusantara, di antaranya Koma Malang, Koma Yogyakarta, Koma Mojokerto, Koma Mojowarno, dan Koma Tambakberas. Anggota Koma Tambakberas terdiri dari santri-santri yang ada di Ponpes Bahrul 'Ulum Tambakberas, rata-rata mereka adalah siswa MTs dan Aliyah. Namun semangat mereka untuk berkarya patut untuk diacungi jempol.
Acara ini dibuka dengan pembukaan oleh MC, kemudian pembacaan ayat-ayat suci al-Qur'an, dan penampilan al-Banjari. Acara selanjutnya yaitu sambutan Ketua Koma Tambakberas, sambutan Ketua Koma Nusantara, dan Pembina KOMA. Kemudian acara inti, yaitu pembacaan puisi berjudul "Ibu" oleh Welgis A (anggota KOMA Tambakberas) dengan pembedah M. Fahmi (koordinator Koma Malang). Acara selanjutnya adalah pembacaan puisi sukarela oleh para anggota KOMA. Acara diakhiri dengan pembacaan do'a oleh kang Wildan.
Berdasarkan rapat di Wagean KOMA #01, agenda Wagean KOMA #02 ke depan diadakan pada tanggal 5 Maret 2007 di Surodinawan Mojokerto. Semoga "Wagean KOMA" dapat menjadi kegiatan rutin dengan proses yang istiqomah bagi Koma Nusantara. Semoga apa-apa yang telah kita ikhtiyarkan akan selalu mendapat bimbingan dan petunjuk dari Allah SWT. Aamiin.


*) Muhammad Fahmi, koordinator KOMA Malang (2015-2016). Penulis adalah mahasiswa semester delapan jurusan Matematika UIN Maliki Malang. Ia berdomisili di PP. Anwarul Huda, Karangbesuki Sukun Malang.

Komentar